Thursday 3 December 2015

Tela-tela bumbu balado, camilan sehat dan nikmat

Tela-tela bumbu balado, camilan sehat dan nikmat. Biasanya kalau sore-sore begini enaknya bersantai sambil menonton telivisi, apalagi setelah aktivitas harian yang terkadang membuat kita merasa pening, kecapean dan stress. Oleh karena itu bersantai dan menonton tv memanglah hal yang cocok untuk kita lakukan sebagai media penghilang stress, dengan ditemani acara komedi yang sangat menghibur dan juga camilan sehat, enak dan crispy memang akan terasa sangat nikmat dan memuaskan. Sangat ampuh sekali untuk menghilangkan stress dan kecapean. hehe

Tetapi yang akan saya bahas disini bukanlah tentang televisi maupun acara komedi yang sangat menghibur, melainkan tentang enaknya rasa camilan yang sehat, crispy dan dijamin bakal membuat kalian semua ngiler kalau belum pernah mencicipinya. Coba tebak, apa hayoo?? Yups benar sekali, sesuai judulnya yaitu tela-tela bumbu balado. Kalian semua pasti sudah tidak asing lagi kan dengan camilan yang satu ini?? camilan yang bahan dasarnya terbuat dari ubi singkong.

Tela-tela bumbu balado, camilan sehat dan nikmat


Sejarah
Taukah kalian bahwa camilan yang satu ini awalnya dibuat pada tahun 2005, oleh seorang pedagang asongan dari yogyakarta. Hanya dengan menggunakan grobak dan berkeliling kesana kemari ternyata mampu menarik banyak pengunjung yang melihatnya. Camilan yang berbahan dasar singkong ini sempat populer diyogyakarta pada tahun 2006. Banyak pedagang dan wirausaha yang tertarik untuk mencoba menjualnya. Dan alhasil ternyata camilan yang satu ini laku keras dikota tersebut, sampai pada akhirnya tela-tela ini sudah sangat dikenal diseluruh kota di indonesia. Bahkan ditempat saya pun ada yang menjual camilan yang satu ini. dan rasanya pun, heemmmmm yammmiiiii. Cobain deh kalau ngga nyoba ntar rugi loh.hehe

Cara Pembuatan
Untuk cara pembuatannya pun sangat mudah, disini kita hanya memerlukan bahan-bahan dasar seperti ubi singkong, bawang putih 10 siung, garam secukupnya, dan air bersih seperlunya.

Pertama-tama ubi singkong dikupas terlebih dahulu, setelah itu dicuci menggunakan air bersih. Lalu potong tipis-tipis dan memanjang, untuk panjangnya pun kira-kira seukuran jari manis orang dewasa. Nah setelah itu rendam ubi singkong yang sudah dipotong-potong tersebut kedalam air bersih yang sudah dicampur dengan bawang putih dan garam. Sedangkan untuk proses merendamnya pun memakan waktu sekitar 5-6jam sebelum ubi singkong siap untuk digoreng.

Setelah proses perendamannya selesai aduklah terlebih dahulu ubi singkong tersebut agar garam dan bawangnya meresap kedalam ubi singkongnya. Setelah siap barulah ubi singkong ke proses selanjutnya, yaitu direbus. Proses ini dilakukan untuk menjaga agar setelah ubi singkongnya digoreng nanti rasa dan aromanya tetap empuk dan crispy. Nah setelah proses perebusan selesai angkatlah ubi singkongnya namun jangan diapa-apakan terlebih dahulu sebelum ubi singkongnya dingin, karena ubi singkong yang baru selesai direbus, masih sangat lunak dan gampang hancur.

Setelah dingin barulah ubi singkong tersebut keproses penggorengan. Setelah warnanya berubah menjadi kuning keemasan itu menandakan kalau ubi singkongnya sudah matang, dan setelah matang masukan ubi singkong tersebut kedalam toples. Lalu masukan bumbu yang sudah kita siapkan, namun pada contoh kali ini kita menggunakan bumbu balado. Karena bumbu balado ini memang sangat cocok sekali untuk camilan yang satu ini. dan setelah itu barulah ubi singkong yang sudah dimasukan kedalam toples tadi digoyang-goyangkan agar bumbunya benar-benar menyatu. Dan sampai proses disini tela-tela pun siap untuk disantap. Namun jangan lupa untuk memindahkannya kedalam wadah yang telah kita siapkan sebelum kita menghidangkannya, seperti piring dan lain-lain.



Tela-tela bumbu balado ini memanglah camilan yang pas untuk disantap kapanpun dan dimanapun, selain murah, enak tela-tela ini juga sangat bergisi karena bahan dasarnya sendiri terbuat dari ubi singkong yang bisa kita tanam sendiri. Nah mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai tela-tela bumbu balado, camilan sehat dan enak. Selamat menikmati dan selamat bersantai.